Rabu, 02 Mei 2012

CARA MENJAGA KONDISI FISIK PEMAIN FUTSAL


KIPER FUTSAL



Stamina seorang kiper mungkin jika dibandingkan dengan player  terlebih gelandang/ midfielder  jauh berbeda. Lalu apakah ini berarti stamina bagi seorang kiper itu kurang penting? Salah, ini sangat penting
 Lalu jika penting, bagaimana cara cepat untuk meningkatkan stamina?

Teman-teman sudah begitu mengetahui kiper futsal cukup memiliki perbedaan yang signifikan dengan kiper lapangan besar . Hal ini sudah tentu yang paling mudah di lihat adalah keaktifan dari kiper itu sendiri.

Kali ini yang akan saya bahas adalah kiper futsal

Dalam permainan futsal, ritme serta tempo permainan berjalan dengan sangat cepat silih berganti serangan. Hal inilah yang menurut saya dalam futsal, seorang kiper harus memiliki stamina ekstra untuk menunjang daya konsentrasi agar bisa memberikan penampilan yang maksimal.
Ketika stamina menurun, daya konsentrasi kita akan ikut-ikutan amblas. Dan ketika hal itu terjadi akan menyebabkan penampilan serta permainan kita menjadi buruk

Cara Meningkatkan Stamina

BEBERAPA TIPS YANG DAPAT TEMAN-TEMAN KIPER LAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN STAMINA :


Pertama, kamu cukup berlari saja. Mau berlari kecil alias jogging atau berlari cepat itu terserah kamu.

Kedua, targetkan peningkatan pada setiap latihan.  Misalnya pada latihan pertama kamu berlari selama 30 menit dan nonstop, kemudian pada latihan kedua tingkatkan menjadi 45 menit, latihan ketiga 1 jam, dst.
Latihan ini cukup sederhana namun sangat efektif untuk meningkatkan stamina seorang kiper futsal, terlebih jika sudah menjadi rutinitas.

            Ketiga, tambahkan sedikit latihan sprint- sprint pendek, karna terkadang seorang kiper futsal membutuhkan sprint cepat untuk memarking lawan  ketika dalam keadaan man to man ataupun melakukan shooting pada saat tim kita mendapat bola mati.

            Keempat, tambahkan sedikit push up atau shit up untuk kekuatan tubuh saat diharuskan terjadi benturan

            Kelima, untuk menjaga kondisi stamina selama 2 babak penuh, saya memiliki beberapa tips.
1)  teman-teman dapat memakan 2 buah pisang sebelum bertanding karena pisang mengandung potasium yang mampu meledakkan stamina secara maksimal
2) meminum susu kental manis putih tanpa diberi tambahan air lagi, meskipun terlihat sedikit aneh tetapi saya sudah membuktikan kawan !

Selamat mencoba, semoga sukses





HARUS DIMILIKI KIPER FUTSAL :



Pada dasarnya sama saja skill yang dimiliki oleh kiper futsal dengan kiper lapangan besar. Namun karena ukuran lapangan yang kecil, maka ada beberapa skill yang menjadi perioritias untuk dimiliki seorang kiper futsal . Apa saja skill yang harus dimiliki?



Shoot Stoping
Seorang kiper harus mampu menghentikan tendangan serta serang lawan. Dan salah satu caranya adalah dengan blocking. Blocking istilah dalam istilah per-kiperan biasa dikenal dengan Shoot Stoping.
Shoot Stoping yang saya ketahui ada berbagai cara, namun yang sering di lakukan adalah dengan L Position dan M Position.

Positioning
COACHING PICTS 026w Skill Yang Harus Dimiliki Seorang Kiper Futsal





















Ini merupakan suatu skill yang akan tercipta dan berkembang sesuai dengan bertambahnya jam terbang kita sebagai kiper futsal.
Kegunaan positioning merupakan ketepatan dalam menempatkan posisi kita dalam menghalau tendangan dari lawan. Dengan positioning yang tepat kita tidak akan dengan susah payah melakukan dive.

Throw/Lemparan
Dalam futsal, tendangan ke dalam atau Goal Kick diganti dengan Goal Throw atau lemparan dari seorang kiper. Dan yang saya ketahui ada beberapa lemparan yang biasa dilakukan kiper futsal, seperti lemparan softball, cakram, basket dll.
goalkeeper2004 01 Skill Yang Harus Dimiliki Seorang Kiper Futsal


Komunikasi
Komunikasi merupakan salah satu faktor penting guna menggalang koordinasi dengan pemain-pemain lainnya agar posisi dari kawan kita mampu menutup ruang tembak atau  juga bisa menutup ruang gerak dari lawan yang berdiri bebas.
Karena vision seorang kiper yang berposisi di belakang memiliki area penglihatan yang lebih luas. Yang dimana hal ini menjadi penting dalam berkomunikasi dengan kawan.

Konsentrasi
Dalam olahraga futsal, pergerakan pemain lawan maupun kawan sangatlah cepat. Untuk itulah seorang kiper futsal harus memiliki tingkat konsentrasi yang baik.
 ketika kita kehilangan konsentrasi walau hanya sesaat, maka disaat bersamaan kamu menambah persentase kebobolanmu. Dengan berkonsentrasi maka kamu bisa dengan cepat dan mudah dalam mengambil keputusan, baik dalam menyerang atau dalam keadaan bertahan.
Salah satu sarana yang tepat untuk meningkatkan konsentrasi adalah dengan mengkonsumsi nutrisi atau asupan yang memang diyakini bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus kita selama bertanding.
Seperti buah Pisang atau Kopi (kafein), dan usahakan sebelum bertanding serta istirahat yang cukup.

Keberanian
Agak sulit memang mendefinisikan keberanian disini, apakah berani yang modal nekat ataukah berani dalam mengambil keputusan.
Satu hal yang pasti jika kamu sudah memilih untuk menjadi seorang kiper futsal.
Maka keberanian merupakan salah satu hal yang patut kamu miliki, mengapa? karena skill yang bagus baik akan percuma jika pada akhirnya kamu takut sebelum bertanding terutama ketika berhadapan dengan lawan yang kamu anggap lebih baik.
Dalam seketika kemampuan atau skill yang kau miliki akan berganti dengan minder,gugup serta rasa percaya diri yang terjun bebas menyentuh bumi.
Kiper harus memiliki keberanian serta bermentalkan baja

Handling/Tangkapan
news anies malwom nov07 Skill Yang Harus Dimiliki Seorang Kiper Futsal
Untuk melakukan tangkapan yang baik, hal perlu diperhatikan dan dilatih adalah posisi dari jari jempol atau ibu jari yang tepat. bentuk jari yang bagus adalah membentuk W. more: http://www.kiperfutsalpost.net/cara-meningkatkan-stamina/#ixzz1thJJmC2u






POSISI / POLA DALAM FUTSAL:



2-2
Pola 2-2 Pola Permainan futsal 2-2 yaitu dua pemain akan menjadi pemain yang berfungsi sebagai pemain bertahan dan dua pemain sebagai penyerang. Pola ini dapat berfungsi sebagai pola bertahan dan menyerang dengan asumsi 2 lawan 2. Pola dasar pergerakan pola ini adalah 2 pemain di belakan dan 2 pemain di depan walaupun arah bola selalu berubah-ubah
Strategi Futsal ini digunakan sejak decade 1950-an dan memiliki karakter dengan dua pemain di area pertahanan dan dua pemain di area penyerangan. Formasi Futsal  ini sangat sederhana dan pemain tidak perlu banyak bergerak. Dua  pemain dibelakang bertugas mengamankan area pertahanan, sementara dua pemain di depan bertugas menyerang. Jarang terjadi perubahan posisi. Strategi Futsal ini lebih statis dibandingkan dengan yang lain dan lebih banyak digunakan untuk permainan dalam tempo sedang. Namun, tim yang berpengalaman sering menggunakannya dalam pertandingan krusial.
Tips:
Dua pemain depan akan saling menopang sementara dua pemain belakang tidak hanya mengamankan pertahanan, tapi juga ikut membantu memutar permainan.
Cukup efektif melawan tim dengan pertahanan yang lemah. Karenanya perlu melakukan penyerangan secara konstan. Tapi juga perlu melakukan penguasaan bola (ball possession) ketika tidak melakukan penyerangan.
Formasi 2-2 memang menggunakan dua pemain depan dan dua pemain belakang. Namun, dalam praktiknya sebuah tim seharusnya menyerang dan bertahan secara bersama. Dengan begitu akan lebih mudah meraih hasil yang diharapkan.



3-1
 Pola permainan futsal 3-1 dapat dikatakan semi bertahan, dengan 3 pemain sejajar di belakang aris tengah dan 1 pemain serang sebagai target. Saat menyerang, pola ini dapat berubah menjadi pola 1-1-2 atau 1-2-1. Pola ini berfungsi untuk mengosongkan lapangan sebelah kanan atau kiri bagian belakang daerah lawan sebagai tempat penyerangan awal. Formasi Futsal  3-1 memudahkan melakukan serangan dengan lebih variatif. Di depan kipper ada seorang pemain bertahan, dua pemain tengah yang menempati posisi sayap, dan penyerang tengah atau pivot.
Strategi futsal ini menentut banyak pergerakan dari pemain dalam penguasaan bola terutama saat melakukan variasi serangan. Pivot lebih banyak mengoperkan kepada rekan saat menyerang. Kedua pemain sayap dan satu pemain belakang akan mengimbangi arah pergerakan pivot untuk menciptakan ruang permainan dan peluang untuk mencetak gol. Pivot dan kedua pemain sayap akan melakukan beberapa gerakan untuk mencari celah dan momen yang tepat guna memasukkan bola ke gawang lawan.



1-3 
Pola permainan futsal 1-3 dapat dikatakan semi menyerang, dengan1 pemain sebagai kunci di belakang garis tengah dan 3 pemain serang sebagai target. Saat bertahan, pola ini dapat berubah menjadi pola 1-2-1. Fungsi Pola ini untuk mengosongkan lapangan sébelah kiri atau kanan bagian depan daerah lawan sebagai awal penyerangan.

 4-0 
Pola permainan futsal 4-0 dapat dikatakan sebagai bertahan total, dengan 4 formasi pemain berada di belakang garis tengah (daerah sendiri). Saat menyerang, pola ini dapat berubah menjadi pola 1-2-1, 1-1-2 dan 3-1
Formasi futsal ini diciptakan oleh tim-tim Eropa, terutama Spanyol. Terlihat hamp1r sama dengan system 3-1 atau modifikasi 1-2-1. Namun yang membedakannya adalah penyerang tengah atau lebih dikenal dengan nama pivot bisal masuk ke area caster atau sebagai penjelajah di posisi sayap kiri, kanan, tengah, dan belakang. Artinya ia bersama tiga rekan pemain seecara konstan melakukan serangan atau bertahan. Permainan akan menjadi sangat rapat dan ketat sehingga sulit bagi lawan untuk bergerak dengan leluasa saat menyerang atau bertahan.
Tips:
Setiap pemain akan mengawal pemain lawan (man to man marking)
Sangat efektif ketika menghadapi lawan yang tangguh.
Memudahkan untuk menutupi pergerakan lawan dalam mendistribuusikan bola atau membuka ruang permainan.
Bisa memperlambat tempo permainan lawan, lalu memulai penyerangan.
Terkadang, permainan menjadi monoton karena bola mungkin dikuasi, sementara rekan lain hanya melakukan penjagaan terhadap pemain lawan.

 0-4 
Pola permainan futsal 0-4 dapat dikatakan sebagai penyerangan total, dengan 4 formasi pemain berada di depan garis tengah (daerah lawan). Saat harus melakukan pertahanan, perubahan pola dari 0-4 sangat sulit dilakukan. Namun saat menyerang, pola 0-4 dapat berubah-ubah menjadi pola 1-2-1, 1-1-2 dan 3-1.

1-2-1 
Pola permainan futsal 1-2-1 disamping berfungsi sebagai jembatan pola lain untuk menyerang, pola ini juga baik untuk pola bertahan. Pola 1-2-1 berfungsi untuk menguasai blok tengah saat bola terpotong oleh lawan di depan daerah penalti. Fungsi bertahan dengan pola ini adalah sebagai penghambat penyerangan lawan.

1-1-2 
Pola Permainan futsal 1-1-2 adalah pola murni saat menyerang dengan serangan balik. Pola ini berfungsi sebagai pola serangan balik yang sangat efektif dan efisien. Pemain satu dibelakang sebagai kunci penyerangan, pemain 1 ditengah sebagai target simpul, dua pemain depan kanan kiri berfungsi sebagai pemain sayap serang (tombak kembar).

2-1-1 
Pola permainan futsal 2-1-1, berfungsi sebagai pola menyerang dari perubahan pola 3-1. Pola ini dilakukan di daerah lawan dengan fungsi pola bertahan masih dominan. Pola 2-1-1 ini mengandalkan penyerang sebagai target.


Berikut ini adalah fungsi masing-masing posisi pemain.
Pemain Bertahan :
Orang terakhir di barisan belakang, bertanggung jawab untuk membantu kipper mengamankan gawang, menetralisasi serangan lawan, dan mengawali penyerangan.
Pemain Sayap :
Penghubung antara pertahanan dan penyerang
Membantu pemain belakang dalam memulai serangan serta menyokong pivot untuk melakukan penyelesaian akhir atau mencetak gol.
Pivot :
Mengontrol permainan saat dalam posisi menyerang
Berperan sebagai penyuplai bola, pencetak gol, dan menjadi orang pertama yang meredam serangan lawan.
Tips :
Peran pemain depan paling menonjol karena harus mengendalikan bola, mengumpan kepada rekannya, dan mencari celah untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Ini yang dinamakan pivot atau target man.
Pengendalian bola tidak boleh lama karena ruang permainan yang sempit
Lawan bisa dengan mudah membangun pertahanan guna meredam serangan
Pemain belakang juga memiliki peran penting terutama dalam mempertahankan penguasaan bola selama permainan.



9 komentar: